1. Umum : dialog adalah proses komunikasi antara 2 atau lebih agen, dalam dialog makna harus dipertimbangkan agar memenuhi kaidah semantis dan pragmatis.
2. IMK : dialog adalah pertukaran instruksi dan informasi yang mengambil tempat antara user dan sistem komputer.
Aturan dalam Perancangan Dialog
1. Pegang teguh konsistensi
2. Sediakan shortcut bagi pengguna aktif
3. Sediakan feedback yang informatif
4. Sediakan error handling yang mudah
5. Ijinkan pembatalan aksi
6. Sediakan fasilitas bantuan (help)
7. Kurangi beban ingatan jangka pendek
Terdapat dua Model Notasi Dialog :
1. Diagramatik : Flowchart, Diagram alir
2. Tekstual : Format Grammar, Aturan Produksi
Dalam IMK ada 3 gaya bahasa :
1. Leksikal : Ikon, tombol yang ditekan, ekivalen dengan bunyi, ejaan.
2. Sintaksis : Urutan struktur I/O ekivalen dengan tata bahasa.
3. Semantik : Makna dialog terkait dengan struktur data.
Struktur dialog manusia sifatnya :
1. Tidak terstruktur.
2. Dipengaruhi oleh emosi, dan situasi.
3. Tidak konsisten
Struktur dialog komputer : biasanya terstruktur dan terbatas.
Karakteristik dialog manusia dengan komputer :
1. Dialog disebutkan dengan urutan tertentu.
2. Dialog telah ditetapkan sebelumnya.
3. Dialog berikutnya tergantung respons user.
4. Dialog mungkin saja tidak mengakomodasi semua kejadian yang mungkin.
5. Beberapa dialog dilakukan secara bersama.
6. Deskripsi dialog berada pada level sintaksis (bukan semantik).
<
b>Hal yang perlu diperhatikan dalam struktur dialog komputer :
1. Rangkaian dialog harus menggambarkan struktur tugas.
2. Perlu ditambahkan : help, tutorial.
3. Rangkaian dialog harus urut sesuai struktur tugas.
Tabel berikut menunjukkan kecakapan relatif manusia dan komputer.
PROSES PERANCANGAN DIALOG
Prinsip yang digunakan dalam desain dialog adalah membagi sistem menjadi beberapa bagian yang disebut module.
Contoh: Sistem Pemesanan Buku di Perpustakaan
Biasanya user access bukan merupakan bagian dari task description, tapi harus dimasukkan dalam sistem yang baru.
Contoh penggunaan flow chart dalam desain dialog:
Keterangan:
· Persegi panjang adalah screen yang digunakan untuk berkomunikasi dengan user
· Segi-enam adalah proses dan keputusan yang dibuat oleh sistem
· Elips "Finish" berarti kembali ke menu utama
· Tape berarti membaca atau mengubah database
Sumber :
Buku Interaksi Manusia Dan Komputer Universitas Gunadarma
No comments:
Post a Comment